Supervisi Meningkatkan Kinerja Guru


Assalamu alaikum...
Baru-baru ini sekolah kita kedatangan tamu istimewa, yang selalu memberi bimbingan guna kemajuan Madrasah kita tercinta. Beliau tidak lain adalah Bapak Choirudin, S.Pd.I, M.MPd Pengawas Madrasah Kecamatan Bangsal. Selain itu, Bapak Pengawas kita ini tidak hanya membimbing wilayah Kecamatan Bangsal tapi juga beliau sekaligus Pengawas Madrasah di Kecamatan Mojoanyar. Hmm hebat banget kan?? Dua kecamatan dipimpin beliau sekaligus.

Hari rabu, tanggal 21 Agustus 2019 pukul 08.00 WIB beliau datang untuk memulai kegiatan supervisi. Adapun yang disupervisi adalah Administrasi sekolah mulai dari buku induk, buku klepper, arsip-arsip ijazah, nilai danem dan sebagainya. Tidak hanya itu, administrasi guru juga diperiksa oleh beliau ada 4 komponen antara lain :

  1. Buku Kerja Guru 1 (BKG 1) berupa perangkat pembelajaran
  2. Buku Kerja Guru 2 (BKG 2) berisi jurnal,tata tertib guru, kode etik dll
  3. Buku Kerja Guru 3 (BKG 3) berisi daftar nilai pengetahuan, keterampilan , penilaian sikap dll
  4. Buku Kerja Guru 4 (BKG 4) berisi data siswa, absensi, daya serap siswa dll.

Naah itu dia dokumen yang harus dimiliki baik guru kelas atau guru mapel. Bapak Choirudin berkata, "Pelaksanaan supervisi guru adalah sarana untuk meningkatkan kinerja guru". So, Bapak Ibu guru harus bangga punya Bapak Pengawas dan super perhatian. Dan beliau juga sudah menyusun jadwal secara terinci sekolah2 yang akan dikunjungi.



Dengan terlaksananya program BKG tadi secara tidak langsung guru akan semakin aktif dan makin professional baik secara skill maupun administrasi. Dan tetap semangat  bagi sekolah yang belum hehehehe 🙋

Semangat terus bapak ibu guru..
Long life education !!

Wassalam
Admin

Comments

Popular posts from this blog

Yuk Intip Apakah Namamu menjadi peserta AKMI atau ANBK????

Pembukaan PKB Guru Madrasah Tahun 2023

QURBAN 2019: MENEBAR HIKMAH MERAIH BERKAH